logo REVISI

on . Hits: 41

Jelang Program Itsbat Nikah Terpadu Tahap Kedua, PA Mojokerto Laksanakan Verifikasi Bagi Masyarakat

WhatsApp Image 2022 09 19 at 20.35.47 1

Melanjutkan kesuksesan program sidang istbat nikah terpadu tahap pertama yang telah digelar pada semester pertama tahun 2022 ini, PA Mojokerto kembali akan laksanakan itsbat terpadu untuk tahap kedua. Mengawali program tersebut, PA Mojokerto lakukan verifikasi calon peserta istbat nikah sebagai persiapan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Rencana sidang istbat nikah terpadu ini mendapat respon positif dari Bupati Mojokerto, dr. Ikfina Fahmawati, M.Si., karena memberikan manfaat sangat besar bagi masyarakat Mojokerto. Diantara manfaat tersebut adalah para peserta akan mendapatkan surat pengesahan nikah dari pengadilan, surat nikah baru dari KUA & Kemenag, serta KTP & KK baru dari pemerintah daerah.

Pelaksanaan program ini sendiri dilatarbelakangi oleh banyaknya warga Mojokerto yang telah melaksanakan perkawinan namun belum tercatat oleh pemerintahan. Di tengah masyarakat, praktek ini biasa dikenal dengan nikah secara siri atau bawah tangan yang dianggap sah secara agama, namun belum memperoleh pengakuan negara. Oleh karena itu, agar pernikahan tersebut bisa menjadi sah secara hukum, maka diperlukan pengesahan nikah oleh pengadilan agama. Itulah yang mendasari PA Mojokerto untuk membuat program sidang terpadu istbat nikah melalui kerjasama dengan Kemenag & Pemerintah Daerah Mojokerto.

WhatsApp Image 2022 09 19 at 20.35.47

Proses verifikasi sendiri merupakan kegiatan yang harus diikuti calon peserta yang akan mengikuti program ini. Di antara syarat-syarat verifikasinya adalah data kependudukan baik KTP ataupun KK, bukti nikah atau saksi nikah, atau surat pernyataan dari lurah atau kepala desa setempat, dlsb. Berkas-berkas tersebut langsung dibawa ke kantor Pengadilan Agama Mojokerto, Jalan Raya Prajuritkulon No. 17 Kota Mojokerto. Bagi para peserta yang telah memenuhi syarat dan memiliki berkas-berkas yang lengkap, nanti akan dapat mengikuti program sidang terpadu istbat nikah tahap kedua tahun 2022.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Mojokerto

Jalan Raya Prajurit Kulon No.17, Mojokerto, Jawa Timur 61326

Telephone : 0321-321097

WA (Chat) : 08113337775

Email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

iconfinder Facebook UI 03 2344286  Instagram  tw  Pngtreewhatsapp social me128  Pngtreeyoutube color icon 3547792a  pngegg

 

Pengadilan Agama Mojokerto@2018